Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Pendidikan IPA; Pelatihan Hidropinik Bagi Siswa MA di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau

Pada hari sabtu, 25 Februari 2017, Program Studi Pendidikan IPA telah melaksanakan suatu kegiatan Pengabdian Masyarakat  yang pertama di salah satu pondok pesantren di Kota Padang.  Kegiatan ini bertemakan “Pelatihan Hidroponik Bagi Siswa MA di pondok Pesantren perkampungan Minangkabau sebagai salah satu pembekalan untuk Wirausaha”.  Kegiatan pengabdian Masyarakat Prodi pendidikan IPA kali  ini diketui oleh ibu Tuti Lestari, M.Si dan anggota-anggota yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan pengabdian Masyarakat ini memberikan wawasan baru untuk siswa di pondok pesantren dalam kegiatan pelatihan Hidroponik. Diharapakan melalui kegiatan tersebut siswa dapat memanfaatkannya untuk  kebutuhan kehidupan pribadi atau menjadikan salah satu ladang usaha yang meningkatkan perekonomian keluarga.

Pelatihan hidroponik dilakukan dengan membuat alat tanam tumbuhan yang menggunakan media air yang selalu mengalir menggunakan alat-alat bekas yang sering ditemui. Segala teknik yang diajarkan dalam pelatihan ini sangat terkait dengan konsep-konsep IPA yang telah dipelajari oleh siswa sebelumnya, sehingga kegiatan pelatihan ini mampu mengembangkan kemampuan pengetahuan siswa dalam aplikasi. Pada kegiatan ini tumbuhan yang ditanam adalah sayur bayam merah dan sawi. Semoga dengan penanaman ini siswa dapat merasakan manfaat dalam pelatihan tersebut. Prodi Pendidikan IPA dapat memberikan sumbangsih kepada Masyarakat yang merupakan salah satu tujuan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

One thought on “Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Pendidikan IPA; Pelatihan Hidropinik Bagi Siswa MA di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *