adanya hal baru tentang kurikulum pendidikan yang telah direvisi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi, memberikan satu wajah dan suasana baru di dunia pendidikan khususnya pada tingkat sekolah dasar hingga Perguruan Tinggi . Kurikulum yang disebut dengan Kurikulum Merdeka Belajar ini memberikan kesempatan kepada Guru, Siswa, Praktisi hingga Dosen dan Mahasiswa untuk mampu menggali kemampuanpeserta didik melalui apa yang ada dilingkungannya. Pada kurikulum ini ada berbagai yang di bina untuk kurikulum meredeka belajar yakni Guru merdeka, Siswa merdeka, Sekolah Merdeka, dll hal ini menjadi tolak ukur pencapaian kurikulum komponen apa saja yang telah siap untuk membangun ilmu pengetahuan peserta didik dengan arahan kurikulum merdeka belajar

melalui Tolkshow Kurikulum Merdeka Belajar dengan tema “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPA di SMP/MTs” maka dengan ini Departemen Pendidikan IPA FMIPA UNP sebagai pembicara Bapak Suindra, S.Pd, M.M Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Dr. Febri Yanto, M.Pd sebagai Staf Pengajar Departemen pendidikan IPA menyampaikan pada kesempatan ini (15/10/2022) bahwa kurikulum merdeka belajar ini merupakan kurikulum yang terbaik untuk kondisi sekarang ini. kondisi pendidikan yang mengalami dampak besar saat terjadinya pandemi covid 19 hingga saat ini membuat pengambil kebijakan untuk mengubah pola mengajar disekolah-sekolah. sehingga dengan adanya kurikulum merdeka belajar tersebut akan memberikan guru-guru yang hebat, siswa-siswa yang hebat yang mampu mempunyai nilai kreatifitas, analisis yang tajam , dan memberikan pengalaman belajar yang lebih berkembang.

pada kesempatan tersebut guru-guru SMP Bidang IPA sebanyak 70 orang ikut mengahdiri kegiatan tersebut antusias dan berpartisipasi aktif saaat diskusi tentang tema tersebut. sehingga salah satu guru Pendidikan IPA berasal dar Damasraya menyampaikan bagaiman kendala, suka dan duka selama menjadi Guru penggerak dan guru merdeka tersebut. akan tetapi kendala dan rintangan tersebut dapat diatasi selama berproses. harapan kami pada kegiatan tersbeut adalah bagaimana kita bisa memberikan pemahaman tentang kurikulum merdeka belajar ini khususnya kurikulum di bidang pendidikan IPA memberikan pemahaman dan hal yang sama untuk pencapaian yang sama. agar kami sebagai pendidik dan melahiran calon guru IPA nantinya akan mampu bersinergi di dunia prfesi pendidik IPA